Kamis, 29 April 2010

ATMOSFER

Kali ini kita akan membicarakan beberapa aktivitas bumi kita,terutama atmosfernya serta yang terjadi di atmosfer.
Seperti yang ita ketahui atmosfer adalah lapisan di luar permukaan bumi yang membatasi permukaan bumi dengan luar angkasa.
Atmosfer bumi terdiri dari dari berbagai lapisan yaitu berurut-urut dari lapisan bawah ke atas adalah :
1. Toposfer
2. Stratosfer
3. Mesosfer
4. dan Termosfer.


Di stratosfer terdapat ozon yang melindungi bumi dari sinar UV dari matahari.
Atmosfer membuat suhu bumi sesuai untuk kehidupan makhluk hidup.Dengan adanya efek rumah kaca di atmosfer ,sinar matahari yang masuk atmosfer dapat diserap dan menghangatkan udara.Atmosfer mampu membersihkan udara secara alami akiabt dari perubahan atau aktivitas di bumi.
Zat-zat pencemar udara turun lagi kebumi pada waktu hujan.Sedangkan CO2 diserap oleh tumbuhan dan dijadika O2 dalam proses fotosintesis.Sistem pembersihan udara secara alami tersebut selalu menjaga kebersihan atmosfer dan mencegah terjadinya kenaikan konsentrasi zat-zat pencemar diudara.
Diatmosfer pun terjadi berbagai kegiatan yang sangat berhubungan langsung terhadap seluruh permukaan bumi.Salah satu contohnya adalah efek rumah kaca dan pemanasan global.
Gas rumah kaca dapat terbentuk secara alami maupun sebagai akibat pencemaran.Gas-gas rumah kaca tersebut antara lain :
1. Uap air
2. CO2
3. Metana (CH4)
4. Ozon (O3)
5. N2O
6. dan CFC

Pancaran sinar matahari yang sampai kebumi (setelah melalui penyerapan oleh berbagai jenis gas di atmosfer) sebagian dipantulkan dan ebagian diserap oleh bumi.Bagian yang diserap dipancarkan lagi oleh bumi sebagai sinar inframerah (dalam bentuk panas).Sinar inframerah tersebut diatmosfer akan diserap oleh gas-gas rumah kaca seperti uap air dan karbon dioksida sehingga tidak terlepas ke angkasa serta menyebabkan panas terperangkap di toposfer dan akhirnya mengakibatkan peningkatan suhu di lapisan toposfer bumi.Hal tersebut menyebabkan terjadinya efek rumah kaca di bumi.
Sedangkan pemanasan global adalah naiknya suhu permukaan bumi karena menigkatnya efek rumah kaca.Efek rumah kaca di atmposfer meningkat akibat adanya penigkata kalor gas-gas rumah kaca antara lain CO2,CH4,dan O2

0 komentar:

Posting Komentar