Sabtu, 04 Oktober 2014

Memahami dan Bangga terhadap Bahasa Indonesia



Bahasa  merupakan cara atau alat yang digunakan oleh manusia untuk saling berkomunikasi antara yang satu dengan yang lain. Bahkan manusia sudah menggunakan bahasa sebagai alat interaksi sejak jaman purba dahulu.
Dengan bahasa kita dapat mengemukaan gagasan, pikiran, ide, atau hal yang terbersit di dalam hati ke dalam bentuk suara, gerak, ataupun lambang yang dapat dimengerti oleh orang lain. Dengan bahasa , kita dapat melihat sifat dan karakteristik dari orang yang menggunakannya dalam sebuah interaksi. Dengan bahasa juga kita dapat mengartikan setiap keindahan yang ada di sekeliling kita, menjabarkan tiap kejadian yang terjadi agar mudah dimengerti dan dipahami oleh semua umat manusia.
Bahasa memiliki sifat abstrak dan tidak memiliki batasan ruang dan waktu. Setiap manusia pasti menggunakan bahasa dalam berkomunikasi dimana pun dia berada. Dan juga bahasa selalu berkembang menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu, hampir setiap negara yang ada di dunia memiliki bahasa yang digunakan di tiap masing-masing negara. Salah satunya adalah bahasa Indonesia.
Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi yang digunakan oleh setiap warga Negara Kesatuan Republik Indonesia. Walaupun di Indonesia memiliki banyak suku bahasa tapi seluruh warga negara Indonesia pasti akan selalu bangga menggunakan bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia adalah bahasa yang kaya akan arti dan makna dari setiap kosakatanya, bahasa yang selalu berkembang dan mengikuti perkembangan jaman dari bahasa-bahasa lainnya yang ada di dunia dengan banyaknya jumlah kata serapan yang dimasukan ke dalam bahasa Indonesia.
Mengapa kita harus bangga dengan bahasa Indonesia  ? Salah satu jawaban termudah bagi saya adalah karena saya adalah warga negara Indonesia, sebab sebagai warga negara yang baik kita harus bersifat nasionalis dengan apa yang dimiliki oleh bangsa kita sendiri. Dan untuk mewujudkan rasa cinta dan bangga kita terhadap bahasa Indonesia, maka kita harus tetap melestarikan bahasa Indonesia dengan cara tetap terus menggunakannya sebagai bahasa sehari-hari.
Seperti ikrar yang pernah diajukan oleh Muhamad Yamin kepada seluruh peserta  Kongres Pemuda Kedua, atau kita lebih mengenalnya dengan Sumpah Pemuda.
Pertama :
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.
Kedua :
Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga :
Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Sebagai seorang pemuda Indonesia, kita telah di sumpah oleh ikrar tersebut agar selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan tanah air Indonesia dengan bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia memiliki keindahan tersendiri dalam tiap kata dan pelafalannya, sebagai bukti banyak karya anak bangsa yang juga dicintai oleh warga negara lain karena keindahan susunan katanya. Seperti kumpulan karya puisi yang dibuat oleh Chairil Anwar yang cukup banyak diketahui  di negara lain. Lalu musisi Indonesia juga banyak yang sudah terkenal di luar Indonesia, selain karena musikalitas mereka, tapi juga karena bahasa yang digunakan dalam liriknya adalah bahasa Indonesia. Sebut saja band Float yang sudah memiliki penggemar di Amerika dan Payung Teduh yang sudah pernah mengadakan mini konser di Jepang.

Selain itu, bahasa Indonesia merupakan bahasa ketiga di Asia dan ke 26 di dunia sebagai bahasa yang memiliki tata bahasa yang rumit. Oleh karena itu, bahasa Indonesia sudah mulai diminati oleh negara-negara lain untuk dipelajari dan dikembangkan diluar Indonesia. Sebagai contoh, sekarang sudah banyak situs-situs internasional yang sudah memasukan bahasa Indonesia sebagai bahasa yang dapat digunakan di websitenya. Sebut saja Google, Wikipedia, serta website resmi klub sepakbola dari Italia seperti  Juventus, AC Milan, dan Inter Milan. Bahkan, Vietnam juga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi kedua di negaranya.

                Penting atau Tidaknya Bahasa Indonesia

Saya rasa ini sebuah pertanyaan yang cukup penting bagi kita warga Indonesia dan penggunanya yang terus di gerus oleh perkembangan zaman dan budaya-budaya barat yang terus masuk ke Indonesia membuat kita sedikit banyak mengurangi penggunaan Bahasa Indonesia dan digantikan oleh bahasa inggris yang memang berfungsi sebagai bahasa internasional.

Sebuah bahasa penting atau tidak pentingdapat dilihat dari 3 kriteria, yaitu jumlah penutur, luas daerah penyebarannya, dan terpakainya bahasa itu dalam sarana ilmu, susastra, dan budaya.

a.       Dipandang dari jumlah penutur
Di Indonesia terdapat dua bahasa yaitu, Bahasa Indonesia dan Bahasa daerah. Bahasa Indonesia lahir sebagai bahasa kedua bagi sebagian besar warga bangsa Indonesia. Yang pertama muncul atas diri seseorang  adalah bahasa daerah. Bahasa Indonesia baru dikenal anak-anak setelah mereka sampai pada usia sekolah.
Jumlah penutur yang dimaksud adalah jumlah penutur yang memberlakukan bahasa Indonesia sebagai “bahasa kedua”. Data ini akan membuktikan bahwa penutur bahasa Indonesia adalah 220 juta orang (2006) ditambah dengan penutur-penutur yang berada di luar Indonesia. Hal ini menunjukan bahwa bahasa Indonesia amat penting kedudukannya dikalangan masyarakat.

b.      Dipandang dari Luas Penyebaran
Penutur bahasa Indonesia yang berjumlah 220 juta lebih itu tersebar dalam daerah yang luas, yaitu dari Sabang sampai Merauke. Daerah ini masih harus ditambah  dengan daerah-daerah lain seperti Australia, Belanda, Jepang, dan Rusia. Luas penyebaran ini dapat dilihat pula pada beberapa universitas di luar negeri yang membuka jurusan bahasa Indonesia sebagai salah satu jurusan. Keadaan daerah penyebaran ini akan membuktikan bahwa bahasa Indonesia amat penting kedudukannya diantara bahasa-bahasa dunia.

c.       Dipandang dari Dipakainya sebagai Sarana Ilmu, Budaya, dan Susastra
Sejalan dengan jumlah penutur dan luas penyebarannya, pemakaian suatu bahasa sebagai sarana ilmu, budaya, dan susastra dapat pula dijadikan ukuran penting atau tidaknya bahasa itu. Bahasa Indonesia telah digunakan oleh segenap pelosok warga Indonesia, bahasa Indonesia juga telah banyak digunakan sebagai bahasa yang digunakan oleh mahasiswa untuk pembuatan skripsi, penelitian ilmiah, bahasa Indonesia juga digunakan juga sebagai bahasa dalam berkomunikasi, berpantun, bernyanyi, dan sebagainya.
Beberapa hal diatas sudah menunjukan bahwa bahasa Indonesia telah digunakan sebagai mana mestinya sebagai bahasa yang digunakan sebagai sarana ilmu pengetahuan, budaya, dan susastra. Jadi, sudah sangat terbukti bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa yang penting.

Lalu, masihkah kita acuh terhadap bahasa kita sendiri dan lupa untuk melestarikannya ? Sebuah kebanggaan terlahir di Indonesia dan memiliki bahasa sendiri, bahasa Indonesia.

Referensi :
Arifin, Zaenal. 2006. Cermat Berbahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Akademika Pressindo.
Id.wikipedia.com
Indonesiatanahairku-indonesia.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar